Gigi Sensitif - Dokter Gigi Medan Dental Center

Beberapa dari kita pasti pernah mengalami gigi sensitif,apa itu gigi sensitif?

GIGI, KESEHATAN

7/29/2021 2 min read

Gigi sensitif merupakan suatu kondisi gigi yang biasanya ditandai dengan timbulnya rasa ngilu dan nyeri terutama pada bagian akar gigi ,sensasi tersebut muncul sebagai respon langsung dari lapisan gigi yang terbuka,biasanya akan terasa saat  melakukan aktivitas tertentu seperti menyikat gigi, serta makan atau minum yang panas maupun dingin. Gigi sensitif dapat terjadi sementara atapun dengan jangka panjang,dan gigi sensitif bahkan bisa mengganggu aktivitas,merusak moment kita setiap hari kalau tidak langsung dicegah.

Sakit gigi yang diakibatkan gigi sensitif harus kita pahami apa penyebabnya :

Menyikat gigi terlalu keras
Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras bisa mengikis gigi secaraperlahan,jadi sebaiknya menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus yang menjangkau hingga kesela gigi.

Meggertakkan gigi 
Menggertakkan gigi merupakan dampak buruk pada kesehatan mulut,karena akan mengikis email gigi dan mengakibatkan pembengkakan gusi.

Menggunakan obat kumur
Obat kumur dapat membersihkan gigi secara optimal namun jika dilakukan berlebihan dapat meningkatkan resiko gigi sensitif, karena di dalam beberapa obat kumur terkandung alkohol asam dan bahan kimia lainnya.

Penyakit gusi
Luka pada gusi membuat akar dan saraf gigi tidak tertutup sempurna.

Kondisi gigi dan mulut
Kondisi lain pada mulut yang menyebabkan gigi senssitif adalah gigi yang patah, berlubang  atapun membusuk.

Penumpukan plak
Sisa sisa makanan yang menempel di permukaan gigi akan menjadi tempat berkembangnya bakteri di mulut seperti mengonsumsi makanan yang manis dan merokok tetapi tidak langsung gosok gigi itulah yang akan menimbulkan plak gigi.

Prosedur medis
Beberapa perawatan gigi lainnya juga dapat membuat gigi sensitif,diantaranya prosedur pemutihan gigi (Bleaching), pencabutan /tambal gigi, dan pemasangan mahkota gigi.

Penipisan/hilangnya enamel gigi
Enamel adalah bagian terluar gigi yang melindungi bagian bagian lain gigi, enamel gigi akan terkikis akibat mengonsumsi makanan dan minuman asam atau beralkohol.

Gigi sensitif dapat dicegah dan diatasi dengan baik, berikut cara mengatasi sakit gigi akibat gigi sensitif:

• Gunakan sikat gigi berbulu halus,sikat yang berukuran kecil agar dapat dijangkau dan dibersihlan keseluruh bagian gigi dan sikatlah gigi secara perlahan agar gusi tidak terluka atau terkikis.

• Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari selama 2-3 menit dan gunakan lah pasta gigi khusus gigi sensitif jika menggunakan obat kumur gunakan produk yang bebas alkohol sesuai rekomendasi dari dokter gigi.

• Hindari dan kurangi makanan dan minuman yang terlalu asam,dingin atau panas,dan beralih untuk mengonsumsi makana dan minuman yang membantu mengatasi gigi sensitif misalnya buah dan sayuran yang kaya serat.

• Gunakan pelindung mulut jika memiliki kebiasaan menggertakkan gigi.

• Melakukan prosedur perawatan lainnya sebaiknya terlebih dahulu konsultasi dengan Dokter gigi untuk di periksa secara klinis dan untuk tindakan terbaiknya.

• Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.

© Medan Dental Center 2021. Hak Cipta Dilindungi
FX by : ricohtpea